Thursday, August 23, 2012

Mengajari Anak Anjing Dengan Tali Tuntun

Mungkin banyak orang bingung bagaimana melatih anak anjing maupun anjing anda memakai tali, karena anak anjing suka menggigit tali tersebut, sehingga tali tersebut menjadi rusak, ataupun karena anak anjing menarik-narik tali tersebut, anda kuatir bahwa anak anjing tersebut menjadi sakit dan tersedak. Tetapi hal-hal diatas bisa dihindari dan anak anjing juga dapat beradaptasi dengan tali dan berjalan dengan senang disamping anda, bukan menarik anda dan membuat anda merasa tidak nyaman dan membuat anda malas untuk membawa anjing anda untuk berjalan-jalan.

Hal-hal tersebut dapat dihindari dengan memastikan bahwa anda memakai alat yang benar kepada anak anjing anda. Gunakanlah leash atau tali tuntun yang terbuat dari nylon maupun berbahan kain, untuk anjing bertipe besar gunakanlah choke chain (sejenis rantai) dan letakan lah leash/ choke chain tersebut BUKAN di leher anjing anda, tetapi di bawah kuping dan bagian bawah kearah rahang. Anak anjing akan berusaha menarik anda, tapi jikalau leash/ choke chain berada di tempat yang benar maka anak anjing tersebut tidak akan tersedak, kalaupun anak anjing tersebut tersedak, maka ia akan belajar untuk tidak menarik.

Kemudian, sediakanlah snack, ketika anak anjing dipakaikan leash/choke chain, ia tentu merasa tidak enak dan tidak terbiasa, jika anak anjing tersebut berjalan-jalan dengan leash/choke chain ikutilah kemanapun ia pergi, sebagian anak anjing akan menggigiti leash/ choke chain yang terpasang, adapun anak anjing akan berdiri diam karena merasa tidak nyaman alias “mogok jalan”, nah anda bisa menyiapkan mainan, ataupun makanan kecil untuk anak anjing tersebut, panggillah namanya dan bunyikan mainan atau lemparkan makanan kecil tersebut kearah yang anda inginkan ketika leash tersebut terpasang. Berilah pujian dan elus-elus lah anak anjing anda ketika ia melakukan hal yang benar. Jangan pernah memukul atau memarahi anak anjing tersebut ketika ia gagal melakukan perintah anda, karena ia akan merasa bahwa memakai tali artinya akan dimarahi.

Jika anak anjing tersebut mulai mematuhi dan berhenti menarik tali, berjalan ketika anda berjalan dengannya, berhenti ketika anda berhenti, maka latihan tersebut dapat dikatakan sukses, karena anak anjing anda sudah terbiasa dengan tali dan tidak menarik-narik tali ketika berjalan-jalan.

Lakukan latihan tersebut dengan rutin dan selalu berikan pujian dan snack apabila ia melakukan hal yang anda inginkan secara benar. Agar latihan selalu menjadi menyenangkan baginya.


sumber : anjingkita.com