Thursday, August 23, 2012

Tips Memilih Nama Anjing Anda

Ketika anda membawa pulang seekor anjing tentu saja anjing tersebut harus diberi nama. Jika anjing tersebut hasil biakan anda dan ingin anda buatkan silsilah pada Kennel club maka anda tentu membutuhkan nama untuk didaftarkan secara resmi. Keduanya penting, tetapi dalam hal yang berbeda.

Nama yang didaftarkan dimulai atau diakhiri dengan nama Kennel anda. Semua nama yang didaftarkan harus asli. Meskipun nama-nama yang diberikan terasa terlalu indah, tapi ketika anda mengerti bagaimana mereka menamai anjing mereka, hal tersebut benar-benar menyenangkan.

Disamping nama Kennel tempat anjing dibiakkan, nama yang didaftarkan boleh diambil dari nama anjing pejantan dan juga indukan. Kombinasi nama dari nenek moyang juga diperbolehkan. Namun, Perkin membatasi nama sepanjang 30 karakter termasuk spasi, nama yang terlalu panjang dapat menjadi sebuah masalah karena ruang disediakan pada silsilah atau stambum sangat terbatas

Nama yang didaftarkan pada umumnya tidak memiliki hubungan dengan nama panggilan kecuali nama tersebut juga anda gunakan untuk nama panggilan dengan catatan tidak susah untuk menyebutnya. Nama panggilan harusnya lebih pendek; dua atau tiga suku kata lebih disarankan. Hal lain yang perlu diingat adalah jika anda memiliki lebih dari satu anjing, nama mereka haruslah sangat berbeda sehingga anjing-anjing anda dapat membedakannya. Sebagai contoh, memberi nama anjing pertama dengan nama Holly dan yang lainnya Molly bukan merupakan ide yang bagus. Kenapa? Karena anjing tidak dapat mengerti lafal anda melainkan mendengar intonasi suara anda. Coba anda lafalkan nama Holly dan Molly, terdengar sama bukan?.

Banyak orang memilih nama untuk anjing mereka secara langsung; dalam kenyataannya, mereka bahkan telah memilih nama sebelum mereka melihat anjing tersebut. Beberapa orang lain menunggu anjing mereka lahir atau menunggu mereka sedikit lebih besar sebelum mereka memberinya nama. Sehingga mereka dapat menamai anjing tersebut sesuai dengan kepribadian anjing tersebut. Dan beberapa yang lain lebih memilih nama yang menjelaskan penampilan fisik anjing tersebut, seperti memberi nama anjing yang besar Bruno dan anjing yang hitam Blackie.

Jangan memilih nama panggilan untuk anjing anda dengan nama yang sulit anda lafalkan karena anda harus memanggil nama tersebut selama belasan tahun atau lebih.   Cek nama anjing tetangga sekitar anda, jangan sampai memiliki nama yang sama karena akan membuat rancu.

Ketika anda telah menentukan sebuah nama, pergunakanlah nama itu sesering mungkin. Tujuannya adalah agar anjing tersebut dapat mengingat kalau nama tersebut diucap berarti dirinya dibutuhkan oleh anda. Dengan menggunakan nama tersebut secara rutin dan intonasi nada yang sama, anjing anda akan mengerti dengan cepat bahwa nama tersebut dimiliki olehnya.
Pemilihan nama untuk Kennel juga perlu diperhatikan karena nama tersebut juga akan membawa nama baik anda pada pameran anjing jika anjing tersebut berprestasi dan mengingatkan orang bahwa anjing dengan nama Kennel tersebut dibiakkan oleh anda. Biasanya Kennel klub melarang nama Kennel yang sama. Ketika anda mendaftarkan nama Kennel pada Perkin, maka Perkin meminta anda memasukan lebih dari 2 buah nama Kennel agar lebih mempersingkat waktu jikalau nama Kennel tersebut sudah dimiliki oleh Kennel lain. Nama Kennel boleh menjiplak nama Kennel dari Kennel negara lain tapi menjiplak bukanlah sesuatu yang baik.

Asal negara anjing tersebut dapat menjadi referensi untuk membuat nama pada silsilah. Contohnya Anjing Gembala Jerman yang berasal dari Jerman menggunakan kata “Von” pada namanya seperti Holly von Amarta atau Molly von Amarta. Holly dan Molly merupakan nama anjing tersebut dan Amarta merupakan nama Kennel. Jika anjing berasal dari Amerika biasanya menggunakan nama Kennel didepan nama anjing seperti Amarta's Holly atau menggunakan kata “of” seperti Molly of Amarta. Anda juga dapat memvariasikan nama anjing anda asalkan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Perkin.

Selain jumlah karakter, Perkin biasanya mewajibkan nama anakan menggunakan huruf depan yang sama pada setiap kelahiran atau nest. Contohnya: untuk kelahiran pertama, semua anakan anjing yang dilahirkan menggunakan huruf depan “A” seperti Angel atau Alice. Sedangkan untuk kelahiran kedua menggunakan huruf depan “B” seperti Bruno atau Bobby. Dengan menggunakan huruf yang urut untuk setiap kelahiran maka akan memudahkan anda untuk mengingat sudah berapa kali anda melakukan pembiakan. Anda boleh saja menggunakan huruf yang tidak urut disetiap kelahiran tetapi hal ini tidak disarankan.

Ditoko buku atau di internet banyak tersedia kumpulan nama-nama cantik yang dapat anda gunakan untuk menentukan nama anjing anda. Selamat memilih nama untuk anjing kesayangan anda.