Thursday, August 23, 2012

Persiapan Kedatangan Anjing Baru

Rencanakan sedetik-detilnya apabila yang datang ke rumah Anda adalah seekor anjing yang energik dan bahkan gugup. Amankan benda yang mudah pecah. Masukkan pembersih beracun di tempat yang aman sehingga tidak ada kesempatan untuk terminum oleh anjing Anda. Benda kecil yang dapat digigit dan ditelan harus diletakkan di luar jangkauan. Jika perlu, pasang penghalang untuk mencegah anjing memasuki ruangan tertentu atau naik turun tangga. Meskipun Anda mungkin merasa agak bodoh, berjalanlah di sekitar rumah dengan tangan dan lutut Anda dan lihat situasi dari sudut perspektif anjing. Apakah ada benda yang benar-benar menggoda untuk dikunyah? Pertimbangkan training dengan menggunakan kandang untuk mencegah anjing baru Anda berkeliaran bebas jika Anda tidak berada di rumah. Atau bisa juga Anda mengoleskan cairan yang aman dengan rasa yang tidak enak jika tertelan pada benda-benda untuk mencegah anjing anda mengunyahnya.

Jika Anda memiliki anak di rumah, terutama masih balita, mereka akan membutuhkan saran dan instruksi tentang cara yang tepat memperlakukan anjing. Anda tidak boleh meninggalkan anak-anak dan anjing bersama-sama tanpa pengawasan, tapi adanya persiapan yang baik akan mencegah banyak potensi masalah. Anak-anak harus tahu bahwa memukul, menggigit, menarik atau menusuk anjing bisa menimbulkan reaksi agresif. Suara anak menangis, berteriak dan anak yang melarikan diri akan mendorong anjing untuk mengejarnya. Anak anjing dapat dengan mudah terluka selagi bermain dan harus diperlakukan dengan hati-hati selama beberapa minggu. Kenalkan anak-anak bagaimana merawat anjing; ajarkan mereka teknik yang tepat untuk memberi makan anjing, mamandikan anjing, berjalan dengan anjing dan bagaimana merawat kesehatan anjing. Kaum muda juga harus terlibat dalam melatih dan mendisiplinkan anjing sehingga mereka aman dan bertanggung jawab dengan anjing mereka.

Anda perlu membeli berbagai barang untuk mengidentifikasi dan merawat anjing. Kalung anjing tersedia dalam berbagai macam, termasuk yang terbuat dari kulit dan nylon. Kerah yang terbuat dari kulit itu kuat, tapi mungkin akan rapuh atau menjadi bau jika mereka basah. Nilon tahan kelembaban, tetapi mudah robek atau rusak. Anda harus mempertimbangkan tujuan kalung sebelum memilih. Tergantung pada kebutuhan Anda, mungkin saja diperlukan lebih dari satu kerah. Beberapa kalung cukup diberi tag/tanda pengenal dan memungkinkan untuk disangkutkan pada leash/tali. Kalung dengan model lain membantu dalam pelatihan oleh pelatih anjing, misalnya pinch/prong/choke collars. Penggunaan kalung choke collars harus dengan nasihat professional, tidak boleh sembarang orang menggunakan kalung ini pada anjingnya karena akan menimbulkan kesakitan atau ketidaknyamanan pada anjing. Ada kerah lain yang digunakan untuk membawa anjing berjalan/berlari sementara Anda naik sepeda. Pilih model kalung yang mudah dilepaskan oleh Anda, tetapi tidak dengan mudah terbuka sendiri.

Kebanyakan orang lebih memilih untuk memiliki dua tali/leash anjing, satu pendek dan satu panjang. Setiap jenis leash memiliki tujuan masing-masing: leash pendek berguna di tempat umum atau situasi yang berpotensi bahaya; leash yang panjang baik untuk latihan. Banyak perusahaan sekarang membuat leash yang panjangnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pilih leash yang mudah disangkutkan pada kalung dan cukup kuat untuk menahan anjing Anda. Leash tersebut terbuat dari kulit, nilon atau besi.

Anda akan membutuhkan piring/mangkok yang berbeda untuk makanan dan air. Jika Anda memiliki lebih dari satu anjing, mereka masing-masing akan membutuhkan mangkuk makanan mereka sendiri, meskipun mereka mungkin bisa berbagi air di mangkok yang sama. Mangkuk berbahan keramic dan logam lebih disukai daripada plastik, karena plastik dapat menampung bakteri. Mangkuk harus dicuci minimal dua kali seminggu. Perangkat khusus membantu anjing dengan kebutuhan khusus. Dengan menaruh mangkok di atas meja kecil dengan tinggi sejajar dada anjing akan memberikan kenyamanan bagi leher dan punggung anjing berukuran besar. Anjing dengan telinga panjang dan rendah sering tidak sengaja mencelupkan telinga mereka pada air dan makanan. Mangkok berbentuk kerucut akan meminimalkan masalah ini.

Berikan anjing anda mainan untuk dikunyah supaya furnitur Anda terhindar dari gigitan mereka.Tulang yang terbuat dari nilon tahan lama dan membantu membersihkan gigi. Ganti tulang tersebut apabila sudah rusak.Model tulang  yang lebih lembut disebut Gum a bone. Ketika kita memilih mainan, banyak sekali jenisnya. Mainan-mainan tersebut dijual dalalm berbagai macam warna, bentuk dan tekstur. Hampir semua mainan tersebut aman, tetapi hindari mainan yang terlalu kecil yang mungkin dapat tertelan. Pastikan bahwa mainan yang untuk dikunyah-kunyah itu cukup besar sehingga anjing tidak akan tersedak. Sebaiknya jangan meninggalkan anjing Anda bersama dengan mainan tersebut tanpa pengawasan.